Seraya Makmur Indonesia

Chat Commerce Jadi Tren Baru Untuk Berbelanja Masyarakat Indonesia

Sudah menjadi tren baru di masyarakat Indonesia, chat commerce mampu menghubungkan konsumen dengan pelaku bisnis melalui obrolan dan bantuan suara yang bertujuan meningkatkan volume penjualan barang maupun jasa. Melalui WhatsApp Business API, chat commerce bisa dimaksimalkan oleh pelaku bisnis untuk menyasar peluang yang lebih besar lagi guna meningkatkan profit.

 

Menurut penelitian Boston Consulting Group (BCG) melalui survey yang dilakukan setidaknya terdapat 67% konsumen merasa nyaman dan praktis dengan cara belanja chat commerce mereka. Ini menandakan bahwa metode tersebut telah sukses meninggalkan kesan dan siklus yang berulang bagi para pembeli.

 

Tren baru dalam menggunakan chat commerce berhasil diserap dengan baik di berbagai negara. Tak terkecuali Indonesia. Bahkan, di Indonesia para konsumen yang melakukan akses pembelian melalui chat commerce mencapai 53%, mereka mengaku berencana akan menambah pengeluaran mereka. Ini dikarenakan mereka mendapatkan kemudahan akses dan cepatnya interaksi saat berbelanja.

 

Meskipun persentase respon pembeli Indonesia untuk menambah pengeluaran memang tidak sebesar di India yang mencapai 84%, Thailand 75%, dan Brazil 72%. Tapi, dengan adanya angka ini menandakan jika setengah dari konsumen Indonesia sudah merasakan belanja via chat commerce dan merasakan manfaatnya. Jika kita mengacu pada data tersebut, kamu bisa memulai untuk melakukan perubahan strategi penjualan menggunakan chat commerce.

 

Hebohnya euphoria chat commerce menjadikan dua area berkembang pesat. Area tersebut yakni Amerika Latin dan Asia.  Konsumen di kawasan Asia pasifik memiliki kemungkinan 1,26x lebih besar daripada rata-rata global untuk menggunakan chat commerce sebagai sarana mencari informasi produk sampai berbelanja. Lalu di Amerika latin, orang menggunakan WhatsApp pada level 1,43x lebih tinggi dan Messenger 1,28x dari rata-rata global pada umumnya.

 

Menurut Katadata.co.id, dari riset yang dilakukan Bain & Company dan Facebook 2020 mengatakan setidaknya terdapat beberapa hal yang bisa meningkatkan pertumbuhan belanja online di Indonesia, yakni meningkatnya konsumen digital Indonesia dari sekitar 34% menjadi 53% populasi, penggunaan akses internet yang meningkat, dan penggunaan pembayaran digital di kota-kota kecil.

 

Pendekatan melalui chat commerce akan menjadi salah satu cara ampuh untuk meningkatkan penjualan. Telah dilakukan riset kepada 12.965 responden yang tersebar di Indonesia , Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Hasilnya ternyata kelas menengah Asia Tenggara mendominasi 70-80% pertumbuhan konsumen digital pada 2025 nanti.

 

Dengan meningkatnya tren belanja online via chat commerce, ini merupakan pertanda bagi pelaku bisnis untuk mengembangkan penjualannya melalui car aini via WhatsApp Business API. Dengan adanya penelitian yang mengatakan bahwa chat commerce mampu meningkatkan penjualan, kamu bisa memanfaatkan teknologi ini untuk mendapatkan profit yang maksimal.

 

Untuk mempermudah kamu berjualan secara online, kamu bisa memanfaatkan layanan SMI Commerce yang memungkinkan kamu untuk toko online yang  bisa terintegrasi dengan marketplace dan WhatsApp. Dengan begitu, kamu bisa mengelola dan memantau perkembangan bisnis secara efektif.

Please follow and like us:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *